PROFIL SINGKAT STIS FAQIH ASY’ARI (STISFA)


Pondok Pensantren Darussalam
Sumbersari Kencong Kepung Kediri Jawa Timur
            STIS Faqih Asy’ari (STISFA) adalah lembaga pendidikan tinggi dibawah payung hukum Yayasan Salimiyah Sumbersari Kencong Kepung Kediri Jawa Timur yang didalamnya berdiri pondok pesantren Darussalam sejak tanggal 13 Maret tahun 1948 M.  Dan pada tahun 2017 ini Pondok Pesantren Darussalam sumbersari sudah berumur 69 tahun.
Dalam perjalanan pondok pesantren Darussalam Sumbersari sampai sekarang telah memiliki beberapa unit-unit pendidikan yaitu PAUD, TK,  MI, MTS, MA, MMD (Majlis Musyawaroh Darul Falah) dan perguruan Tinggi yaitu STIS Faqih Asy’ari (STISFA) yang berdiri sejak tanggal 5 April 2013.
Selain unit-unit pendidikan tersebut diatas pondok pesantren Darussalam Sumbersari juga melaksanakan Program Extra Kulikuler diantaranya :
1.             Kursus Dakwah.
2.             Kursus Kursus Lagu-lagu Al-Qur’an (Qiro’atul Qur’an)
3.             Kursus Bahsul Masa’il Diniyah
4.             Kursus Jahit Menjahit
5.             Kursus Tata Boga
6.             Kursus Tata Busana
7.             Kursus Rias Pengantin
8.             Kursus Ilmu pertanian
9.             Kursus Ilmu Perternakan dan perikanan
10.         Kursus Perbengkelan
11.         Kursus Pertukangan
Selain extra kulikuler tersebut diatas Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari juga menjalin kerjasama bidang kesehatan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dan Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur
Selanjutnya perlu diketahui bahwa pondok pesantren Darussalam Sumbersari telah terbentuk organisasi alumni diseluruh wilayah Indonesia baik di Jawa maupun luar jawa seperti wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan NTB terutama di propinsi Jawa timur telah terbentuk organisasi alumni di setiap kabupaten dan kota. Adapun jumlah santri Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari sampai sekarang berjumlah kurang lebih tiga ribu santri yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.
Nama Pendiri Pondok Pesantren Darussalam adalah Almarhum KH. Imam Faqih Asy’ari wafat tahun 1992 M. Beliau adalah salah satu murid atau santri dari KH. Hasyim Asy’ari Tebuireng dan KH. Abdul Karim Lirboyo.
Sepeninggal Almarhum KH. Imam Faqih Asy’ari selaku pendiri pondok pesantren Darussalam sekarang digantikan atau diteruskan oleh putranya yang bernama KH. Ahmad Zainuri Faqih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *